Skip navigation

       Penggunaan bahasa Indonesia yag baik dan benar bukan hanya tanggung jawab guru yang bersangkutan, tetapi menjadi tanggung jawab semua guru. Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar akan membantu proses pembelajaran pembelajaran. Proses pembelajaran dapat dikatakan berhasil apabila terjadi interaksi dan interelasi antara guru dengan siswa. Interaksi muncul ketika siswa memahami apa yang disampaikan guru dalam kegiatan pembelajaran.
Salah satu bentuk interaksi adalah ketika siswa bertanya kepada guru dan ketika siswa menjawab menjawab pertaanyaan yang disampaikan oleh guru. Interelasi muncul dalam bentuk aktivitas dan kreativitas siswa dalam pembelajaran. Munculnya interaksi dan interelasi ini salah atunya dikarenakan guru menggunakan bahasa yang baik dan benar. Bahasa guru sangat dipahami oleh siswa dalam mengantarkan pembelajaran. Dengan demikiqan, proses pembelajaran tersebut berjalan sesuai dengan yang diharapkan guru maupun siswa.
Berkenaan dengan persoalan tersebut, saya menyarankan kepada teman-teman guru agar pada setiap kegiatan pembelajaran menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar (bahasa efektif). Banyak siswa tidak bisa mengerjakan soal bukan karena materi soal itu sulit, tetapi bahasa soal itu yng sulit dipahami. siswa dibingungkan oleh bahasa soal. Mari kita mulai dengan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa kita. Semoga siswa kita menjadi lebih cerdas karena guru menggunakan bahasa dengan cerdas pula. Semoga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: